Cara Mengobati Tekanan Darah Rendah Secara Alami

5 Okt

Sobat dharma semua,pada info kesehatan kali ini,Dharma sehat akan berbagi tips Cara mengobati tekanan darah rendah secara alami.Penyakit tekanan darah rendah atau Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi (tekanan darah tinggi), hipotensi merupakan kondisi tekanan darah yang tidak normal karena terlalu rendah. Seseorang dikatakan bertekanan darah rendah bila tensinya kurang dari 90/60 mmHg.

Hipotensi biasanya baru menjadi perhatian bila sudah menimbulkan gejala atau gangguan yang berarti.Gejala penyakit darah rendah atau tanda-tanda terkena penyakit tekanan darah rendah adalah sebagai berikut:

1.Penglihatan kelihatan kabur
2.Kalau sudah parah bisa pingsan
3.Sering merasa Pusing
4.Gampang merasa kantuk
5.Badan terasa lemas.
Repotnya penyakit ini adalah Mengobati penyakit darah rendah lebih sulit daripada mengobati darah tinggi atau hipertensi.Obat hipertensi atau darah tinggi banyak dijual di pasaran. Sedangkan, obat untuk mengatasi tekanan darah rendah,agak sulit di temukan.

Penyebab penyakit tekanan darah rendah

Penyakit tekanan darah rendah disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  • Dehidrasi karena kurang minum, demam, diare hebat dan muntah.
  • Mengonsumsi obat tekanan darah tinggi, obat jantung, antidepresi, obat disfungsi ereksi, atau obat untuk parkinson. Penggunaan obat diuretik secara berlebihan, misalnya pil pelangsing.
  • Mengalami anemia, infeksi berat, gangguan jantung, gangguan sistem saraf pusat, gangguan endokrin (termasuk hipotiroid, hipertiroid, diabetes, dan kadar gula darah rendah).
  • Terlalu lama terpapar udara panas, kehamilan, terlalu lama berbaring karena sakit, usia makin tua.
Cara mengobati tekanan darah rendah:

Pada prinsipnya tekanan darah rendah tidak memerlukan pengobatan. Bila anda merasakan gejala, segeralah berbaring dan biasakan mengubah posisi duduk ke berdiri secara perlahan. Berlawanan dengan pengidap hipertensi, penderita tekanan darah rendah justru dianjurkan menambah konsumsi garam dapur, termasuk makanan asin bergaram. Disarankan total asupan garam sehari diperkirakan setara dengan 10-20 gram (1-2 sendok makan).

Tekanan darah rendah juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi kopi, bayam, cabe, coklat, lada, hati ayam kampung/sapi/kambing, susu, mentega, keju dan jahe merah. Sebaliknya hindari makanan yang pahit, asam, dan ketimun.

  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat.
  • Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis untuk melancarkan peredaran darah.

Nah sobat Dharma semua,demikianlah info kesehatan tentang Cara mengobati tekanan darah rendah secara alami.Semoga manfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: