Makanan Mengandung Antioksidan Bagus Untuk Pencegah Kanker

20 Okt

Berbagai ketakutan menghantui manusia saat ini berkaitan dengan bahayanya penyakit kanker.
Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit mematikan yang saat ini termasuk menjadi salah satu penyakit yang paling di takuti manusia.Berbagai upaya pencegahanpun dicoba untuk mengantisipasi terkena penyakit ini.Salah satu upayanya ialah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.
Antioksidan sangat berperan dalam mencegah kanker. Oleh karena itu, pola makan yang tidak sehat seharusnya diubah dengan mengkonsumsi makanan-makanan alami yang banyak mengandung antioksidan. Hal ini diungkapkan oleh dr. Phaidon L Toruan, konsultan gizi dan diet, dalam acara seminar Deteksi Dini Kanker di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Radikal bebas dan timbunan lemak dalam tubuh adalah faktor penyebab kanker. Radikal bebas yang diproduksi oleh DDT, radiasi, ultraviolet, polusi, serta asap rokok mengubah sifat inti sel yang merupakan pemicu kanker.Selain itu, timbunan lemak melemahkan daya tahan tubuh.Tetapi, antioksidan dapat mencegah kanker dengan membunuh radikal bebas.

Anda tidak perlu susah-susah memilih makanan yang memiliki kandungan lemak rendah dan kaya akan antioksidan, karena ternyata makanan yang dari dulu sudah dikonsumsi oleh nenek moyang kita seperti ubi, singkong, jagung, brokoli, melon, dan buah-buahan berwarna merupakan sumber antioksidan.

“Gantilah beras putih dengan beras merah, gula pasir dengan gula jawa, dan berhentilah makan gorengan, nenek moyang kita tidak kenal minyak,” kata Phaidon.

Ubi merupakan makanan yang kompleks. Ubi mengandung karbohidrat, protein, antioksidan, juga mineral yang diperlukan tubuh.

Selain itu, ada baiknya mengkonsumsi makanan mentah seperti lalapan. Makanan mentah kaya akan enzim yang berfungsi untuk membersihkan usus.”sayuran yang dimasak kehilangan 50-80% kandungan enzimnya,” terang Phaidon.

Selain itu brokoli merupakan pilihan sayuran yang sangat bagus karena  mengandung indol 3 kardinol yang dapat mengurangi efek lemak jahat pada tubuh.

Makanan lain yang mengandung anti oksidan adalah sayur hijau, dan kulih buah dan buah berwarna, kulit buah apel hijau, buah naga, jeruk, kentang, dll

Itulah beberapa makanan yang mengandung antioksidan dan semoga bermanfaat bagi anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: