Manfaat Nge Blog Bagi Kesehatan

18 Mar


Indonesian Blogger,s

   Tulisan kali ini mungkin sudah banyak yang tahu yaitu tentang “Manfaat blog bagi kesehatan.Dalam postingan saya yg kali ini sengaja saya publikasikan karena yah memang ada manfaatnya dan perlu di ketahui oleh orang. Sebenarnya ada ga sih manfaat dari kita ngeblog?  Atau jangan-jangan yang kita lakukan selama ini hanya sia-sia belaka. Ada yang berpendapat bahwa ngeblog itu merupakan media untuk mengekspresikan gagasan ataupun ide yang kita punya, selain itu ngeblog juga merupakan wadah sosialisasi karena dengan ngeblog kita bisa mendapat teman baru misalnya. Ada lagi yang berpendapat buat ajang pamer-pamer ama temen bahwa kita punya blog halah…terserah lah yau yang penting sekali lagi bahwa memang Nge Blog itu banyak manfaatnya.
  Penelitian Adi Onggoboyo dalam “Suatu Fenomena Sociocyber yang unik dan dinamis” pada bulan Oktober 2004 yang lalu mengungkapkan bahwa 95,26% dari 211 blogger Indonesia menyatakan bahwa mereka merasa mendapatkan hal-hal positip setelah menjadi blogger. Hal-hal positip tersebut diuraikan lagi oleh Adi Onggoboyo sebagai berikut :

– Meningkatkan Gairah Hidup 2,98%
– Lebih Disiplin 0,49%
– Semangat Prestatif 3,98%
– Menjalin dan memperbanyak relasi/ kawan/ persahabatan 48,75%
– Rajin menulis/ meningkatkan kemampuan/ produktivitas menulis 8,95%
– Lebih kreatif/ ekspresif/ inspiratif/ motivatif 4,47%
– Lega bisa berbagi 2,48%
– Lain-lain 7,96%
– Gabungan beberapa poin diatas 15,92%

Bila dilihat dari sisi psikologisnya ngeblog memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai berikut :

1. NgeBlog itu Merangsang Otak :kagum:
  Aktivitas ngeBlog, mulai dari membuat desain blog sampai dengan menulis blog tiap waktu merupakan suatu proses mental otak yang melibatkan jutaan sel pada otak. Rangsangan tersebut membuat rantai-rantai neuron menjadi aktif dan dimulainya proses mielinisasi (myelin adalah sejenis protein lemak yang dikeluarkan oleh otak untuk melapisi hubungan antara dendrit ketika kita menerima suatu informasi yang baru.
2. Ngeblog itu Suatu Proses Pembelajaran :dosen:
  Aktivitas menulis blog merupakan proses belajar. Ketika kita mengungkapkan perasaan kita melalui suatu blog, kita akan belajar untuk mengenal perasan-perasaan dan emosi-emosi yang muncul dari suatu peristiwa dalam keseharian kita. Semakin sering kita menyadari hal tersebut semakin lama kita semakin mengenal diri kita sendiri sehingga pada situasi yang sama, kita akan belajar untuk mengontrol emosi tersebut.
  Ketika kita membaca blog orang lain, tak jarang kita menerima informasi baru tentang berbagai hal. Secara tak langsung pengetahuan baru atau pengalaman orang lain tersebut akan mengendap dalam pikiran kita sehingga pada suatu saat dimana kita mengalami hal yang sama kita secara sengaja atau tidak, kita akan menggunakan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah yang kita hadapi. Ada perilaku-perilaku ketika ngeblog yang bisa dicurigai sebagai sebuah proses pembelajaran, yaitu :
– Memberikan komentar : belajar mengungkapkan pendapat, belajar menerima pendapat orang lain, belajar menerima perbedaan, belajar untuk memahami orang lain.
– Memberikan sapaan dalam ShoutBox : belajar untuk memulai dan mempertahankan suatu interaksi sosial, belajar untuk memberi perhatian, belajar untuk berafiliasi satu dengan yang lain, belajar memberi apresiasi terhadap suatu blog.
3. NgeBlog itu Menyehatkan Jiwa dan Raga :semangat:
  Ngeblog berkaitan erat dengan aktivitas menulis blog, penelitian Adi Onggoboyo menunjukkan bahwa 27,48% dari 211 blog berisi mengenai curhat pribadi, 21,23% adalah renungan/refleksi, dan ide-ide pemikiran 14,69%. Hal ini juga dikuatkan dengan survei yang dilakukan octave.or.id yang mendapatkan 52,46% dari 122 blogger memilih menulis blognya dengan curhat/diary. Mengapa ngeblog dapat dikatakan menyehatkan jiwa? Dengan menuliskan perasaan-perasaan yang muncul terutama hal-hal negatif akan memberikan rasa puas dan lega.
  Pelepasan emosi melalui menulis di blog akan memberikan efek relaksasi bagi tubuh sehingga fungsi tubuh akan kembali mencapai keadaan homeostatis. Keadaan stress memicu tubuh untuk selalu dalam keadaan tegang, dan semakin lama ketegangan tersebut akan memperlemah pertahanan tubuh dan selanjutnya akan mempengaruhi fungsi organ tubuh. Dengan demikian semakin kita rajin melampiaskan emosi dalam tulisan blog kita semakin terjaga tubuh kita dari berbagai ancaman penyakit.
4. Ngeblog itu Melatih Perilaku Afiliasi :wouw:
  Saling berbagi cerita dan pengetahuan membuat seseorang mulai mengenal seseorang yang lainnya secara lebih mendalam. Keterbukaan dan kepercayaan akan menciptakan suatu jalinan afiliasi yang dapat pula menumbuhkan hubungan emosi blogger yang satu dengan yang lainnya meskipun tidak melakukan pertemuan fisik.
  Kesimpulan yang dapat diambil adalah ngeblog bukan sekadar trend masa kini namun lebih dari itu ngeblog adalah suatu proses yang dilakukan manusia untuk mencapai hierarki kebutuhan yang paling tinggi yaitu Self Actualization (Aktualisaai diri) jadi ada benernya juga yang berpendapat bahwa ngeblog buat pamer ama temen-temen halah… :meneketehe: Jadi kita tidak perlu heran karena pada setiap orang memiliki keinginan agar dirinya memiliki existensi sebagai manusia yang berpikir…siiiip kan?
Nah kalau Mau buat blog seperti blognya Dharma sehat atau yang lainnya,sms aja ke:08170133458

Satu Tanggapan to “Manfaat Nge Blog Bagi Kesehatan”

  1. Jasa Desain Blog Oktober 3, 2012 pada 4:52 am #

    Ngeblog memang banyak manfaatnya,ayo buat blog..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: